Keberadaan Pelindo II Harus Memperhatikan Warga Sekitar

Keberadaan Pelindo II Harus Memperhatikan Warga Sekitar

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy memenuhi undangan buka puasa bersama PT Pelindo II di Pelabuhan Banten, Ciwandan, Cilegon, Senin (29/05/2017) sore tadi. Hadir pada kesempatan tersebut Komisaris Utama dan Direktur Utama PT Pelindo II, Tumpak H Panggabean dan Elvin G Masasa.

“Tadi saya sampaikan ke Pelindo agar keberadaan Pelindo di Banten ini betul-betul memperhatikan warga Banten, utamanya warga sekitar,” demikian Andika saat ditanya pers usai menghadiri acara tersebut.

Menurut Andika, pihaknya perlu mengingatkan hal tersebut kepada Pelindo selaku perusahaan yang berlokasi di Banten. “Artinya kan keberadaan perusahaan harus benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Andika lagi menegaskan permintaannya kepada Pelindo II selaku pengelola Pelabuhan Banten.

Dijelaskan Andika, permintaannya tersebut terkait dengan program kemitraan dan bina lingkungan atau sering disebut corporate social responsibility (CSR)  yang merupakan kewajiban setiap perusahaan terhadap warga di sekitar lokasi perusahaan beraktivitas.

Lebih jauh Andika memaparkan tentang pentingnya diterapkan pelayanan yang efektif dan efesien yang menjadi keharusan sebuah pelayanan di pelabuhan barang. Andika menyebut hal tersebut sebuah keharusan yang bahkan telah diatur oleh Badan Perdagangan Perserikatan Bangsa Bangsa.

“Dalam konteks pelayanan pelabuhan, sekarang ini diatur mengenai waiting time, postphone time, approach time, effective time, idle time, not operation time, berth time, berth occupancy ratio, turn around time,  sampai berth working  time yang ke semuanya itu adalah demi untuk melakukan pelayanan yang efektif dan efesien di pelabuhan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Pelabuhan Banten menjadi tempat persinggahan dan transaksi perdagangan baik nasional maupun intemasional dengan komoditas utama rempah- rempah. Dewasa ini Pelabuhan Banten memiliki hinterland berupa daerah industri yang tumbuh pesat, seperti pengolahan logam, mesin, kimia, dan minyak kelapa sawit.

Pelabuhan Banten dilengkapi dengan tiga terminal batu bara dan dermaga multipurpose yang dilengkapi peralatan bongkar muat peti kemas antara lain dua unit Rubber Tyred Gantry Crane dan 2 unit Multipurpose Gantry Crane.

Sumber: Verbumnews

Leave a Comment

Your email address will not be published.