Andika Hazrumy Ingin Pemprov Banten Punya BLKI di Setiap Kabupaten/Kota

Andika Hazrumy Ingin Pemprov Banten Punya BLKI di Setiap Kabupaten/Kota

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy melakukan kunjungan mendadak ke Balai Latihan Kerja dan Industri (BLKI) Provinsi Banten di Serpong, Tangerang Selatan, Senin (29/5). Di hari ketiga puasa Ramadan ini, Andika tiba di gedung BLKI sekitar pukul 10.00 pagi dan langsung meninjau sejumlah ruang pelatihan yang tersedia di BLKI tersebut.

Dalam sidak itu, Andika mengawali dengan meninjau ruang pelatihan mesin bubut dan las, Andika mengaku perlu adanya peningkatan fasilitas di ruang pelatihan tersebut, agar lulusan yang dihasilkan dari pelatihan dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan industri. “Seperti ini kan kita lihat beberapa mesin bubut yang ada masih teknologi lama, hanya sebagian saja yang berteknologi baru. Ini menjadi catatan kita supaya nanti bisa ditingkatkan,” kata Andika yang didampingi Kepala BLKI Serpong, M Sihombing.

Usai dari ruang pelatihan bubut dan las, Andika yang khas mengenakan peci hitam tersebut, lalu mengunjungi sejumlah ruang pelatihan lainnya, mulai dari pertukangan, tata busana, hingga ruang pelatihan operator computer dan multimedia.

Di ruangan ini, Andika seolah menjadi mood booster atau penyemangat bagi para peserta pelatihan yang kebanyakan berusia remaja. Betapa tidak, di ruang ini, Andika tidak segan-segan mengajak para peserta pelatihan untuk wefie alias swa-foto bareng menggunakan smartphone salah satu instruktur atau pelatih di ruangan itu. “Wiiih, yang ini ganteng banget nih,” kata Andika seraya menunjuk foto salah seorang peserta yang nampak di layar ponsel usai mengambil gambar. Kontan semua peserta pun gemuruh tertawa senang.

Usai berkeliling ke hampir semua ruang pelatihan yang ada di BLKI tersebut, Andika juga menyempatkan diri untuk meninjau lokasi pembangunan asrama BLKI yang terletak tidak jauh dari lokasi BLKI. Gedung asrama yang konstruksi bangunannya tampak dibangun bertingkat dan terdiri dari beberapa gedung tersebut, terkesan terbengkalai karena terhenti pembangunannya. “Rencananya gedung ini nantinya juga bisa digunakan bukan hanya untuk tempat tinggal peserta pelatihan. Jadi misalnya di dapur nanti kita juga bisa lakukan pelatihan tata boga, di kamar, kita bisa lakukan pelatihan perhotelan,” lapor Sihombing kepada Andika.

Menurut Andika, dirinya memang secara khusus menjadikan BLKI salah satu prioritas untuk dikembangkan dalam masa kepemimpinannya 5 tahun ke depan bersama Gubernur Wahidin Halim. “Angka pengangguran kita di Banten masih lumayan tinggi. Menurut kami, BLKI bisa menjadi salah satu solusinya. Kami ingin nanti Pemprov bisa punya BLKI di setiap kabupaten/kota,” kata Andika.

Artikel: Radarbanten.co.id

Leave a Comment

Your email address will not be published.